PELAYANAN KELUARGA BERENCANA

Home » Kesehatan » >

 PELAYANAN KELUARGA BERENCANA
PELAYANAN KELUARGA BERENCANA , Indonesia merupakan sebuah negara berkembang dengan jumlah peningkatan penduduk yang tinggi. Hasil sensus menurut publikasi BPS pada Agustus 2010 menyebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia adalah 237.556.363 orang, terdiri atas 119.507.600 laki-laki dan 118.048.783 perempuan, dengan laju pertumbuhan sebesar 1,49 persen/tahun. Pertumbuhan penduduk ini tentu saja berimplikasi secara signifikan terhadap perkembangan ekonomi dan kesejahteraan negara.

Dari gambaran tersebut, pemerintah mengambil suatu langkah antisipasi untuk menekan tingginya laju pertumbuhan penduduk dengan membentuk sebuah badan yang secara spesifik dan khusus bertanggung jawab terhadap pengendalian pertumbuhan penduduk di Indonesia, yaitu BKKBN yang resmi berdiri melalui Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 1970.

Realisasi dari pelaksanaan BKKBN memungkinkan adanya peran dan keterlibatan berbagai pihak. Dalam tugas promosi, BKKBN banyak melibatkan tokoh masyarakat dan pemerhati KB, sedangkan dalam pelayanan kontrasepsi, BKKBN senantiasa bekerja sama dengan kementrian kesehatan yang dalam hal ini menempatkan bidan sebagai tenaga kesehatan profesional.

Buku Pelayanan Keluarga Berencana membahas tentang tugas serta pentingnya penguasaan dan keterampilan bidan sebagai pihak terdekat dengan calon akseptor sekaligus pemberi pelayanan KB, mulai KIE hingga pemasangan alat kontrasepsi.

FITUR-FITUR BUKU

Setiap bab dibahas secara detail dan dilengkapi dengan ilustrasi.
Terdapat soal latihan di hampir setiap bab sehingga membantu pembaca untuk melakukan evaluasi diri terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

SASARAN PEMBACA

Bidan dan tenaga kesehatan lain yang melakukan kajian dan pembahasan mengenai pelayanan KB di Indonesia.

TENTANG PENULIS

Ari Sulistyawati, S. Si. T., menyelesaikan pendidikan D1 di SPK Depkes Magelang, D3 di Poltekkes Depkes Yogyakarta, D4 di UGM Yogyakarta, dan S2 Kedokteran Keluarga minat utama Pendidikan Profesi Kesehatan di UNS Solo. Pernah berprofesi sebagai bidan desa dan bidan pelaksana. Selain menjadi Direktur Akbid Ummi Khasanah, juga aktif menjadi tenaga pengajar dan menulis buku-buku ajar untuk mahasiswa kebidanan dan buku-buku populer mengenai kesehatan wanita.
Pengarang: Ari Sulistyawati
ISBN: 978-602-8570-83-1
Tahun Terbit: 2011
Ukuran: 19 x 26
Halaman: 268 hal
Daftar Isi:
Bab 1 Konsep Kependudukan dan Program KB di Indonesia
Bab 2 Program KIE dalam Pelayanan KB
Bab 3 Pelayanan Kontrasepsi dengan Metode Sederhana
Bab 4 Pelayanan Kontrasepsi dengan Metode Modern
Bab 5 Pelayanan Kontrasepsi dengan Metode Operasi
Bab 6 Cara Pembinaan Akseptor
Bab 7 Berbagai Cara Penanggulangan Akseptor Bermasalah
Bab 8 Pendokumentasian Pelayanan KB
Bab 9 Penuntun Belajar
Harga: Rp. 69900


11.09.2011 · Posted in Kesehatan
W3 Directory - the World Wide Web Directory
Tumbasbuku.com Incorporation with TB Fadillah Palasari located at Pasar Buku Palasari , Bandung, . Reviewed by 60.122 customers rated: 4.6 / 5